BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Game
Black Jack
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang
permainan ini terutama kaum hawa, dikarenakan permainan ini sangan jarang
dimainkan secara interaksi langsung dan lebih sering dimainkan melalui komputer
atau laptop. Sekarang saya jelaskan sedikit mengenai game “Black Jack”,
permainan ini dimainkan menggunakan kartu remi dan biasanya dimainkan oleh dua
pemain dengan tujuan mengumpulkan nilai kartu maksimal 21 dan tidak boleh lebih
dari itu untuk menjadi pemenang. Pada jaman modern seperti ini banyak Game yang
melibatkan permainan yang menggunakan media computersebagai media pengganti
manual.
Dengan
perkembangan teknologi saat ini, banyak aplikasi yang mempermudah pembuatan
game, sehingga penulis tertarik dalam membuat game menggunakan bantuan aplikasi “Strawberry
Prolog”
B. Tujuan
- Mampu membuat game menggunakan Strawberry Prolog
- Game yang dibuat dapat dimainkan oleh kalangan yang
diatas umur 17+
- Mampu mengembangkan model game yang lebih modern
BAB
II
ISI
Algoritma Game Black
Jack
Algoritma greedy merupakan algoritma yang akan mengambil solusi optimal pada
setiap langkah. Dengan menggunakan algoritma greedy pada permainan kartu black
jack seorang pemain akan menyeleksi kemungkinan untuk memutuskan akan menambah
kartu atau tidak pada setiap langkah. Diharapkan dengan mengambil solusi
optimal lokal akan mendapatkan hasil optimal pada permainan (keseluruhan
langkah).
Algoritma greedy
adalah algoritma yang memecahkan masalah langkah demi langkah, pada setiap
langkah:
1. Mengambil pilihan yang
terbaik yang dapat diperoleh saat itu.
2. Berharap
bahwa dengan memilih optimum loklal pada setiap langkah
akan mencapai optimum global.
Algoritma greedy
mengasumsikan bahwa optimum lokal merupakan bagian dari optimum global.
RULES (ATURAN)
Aturan yang terdapat
di game ini adalah :
a. Dimainkan oleh dua pemain. Pemain pertama (user) memulai langkah
awal permainan dengan press Play lalu user dan computer mendapatkan dua kartu pertama
secara acak.
b. Setelah para pemain mendapatkan dua kartu, pemain pertama (user)
berhak menambahkan kartu jika kartu yang didapatkan sebelumnya belum mencapai
target, dengan syarat penambahan kartu sebanyak 5 kali.
c. Untuk pemain kedua (computer)
juga mempunyai hak yang sama untuk menambahkan kartunya atau tidak untuk
mencapai target.
d. Untuk mengetahui skor yang
dimiliki para pemain, user dapat memilih press Stand dengan fungsi mengeluarkan
kartu yang di milikinya dan di jumlahkan kartu tersebut.
e. Setelah user dan computer
mengeluarkan kartu mereka, semua kartu di kalkulasikan pemain mana yang
memenuhi syarat target mencapai 21 point atau mendekati skor nilai 21 point
ialah yang menjadi pemenang selain itu ia kalah.
GOAL
o Kondisi
ketika user menang dalam permainan (Win)
Permainan
akan dimenangkan oleh user ketika nilai dari kartu yang kita miliki menncapai
target 21 point atau mendekati 21 point dan dealer (lawan) memiliki kartu
dibawah nilai 21 point atau melebihi dari 21 point.
o Kondisi
ketika user kalah dalam permainan (Lose)
User akan kalah dalam
permainan ketika nilai kartu yang kita miliki tidak mencapai target atau
melebihi dari target yang telah ditentukan, yaitu 21 point. Dealer (lawan)
memiliki nilai kartu yang mencapai target atau mendekati nilai 21 point maka,
kita akan dianggap kalah.
o Kondisi
ketika user dan dealer seimbang (Draw)
User dan Dealer juga
bisa mengalami kondisi seimbang (draw) ketika nilai dari kartu yang mereka
memiliki sama satu dengan yang lain misalkan, jumlah kartu user 21 point dan
dealer (lawan) 21 point. Maka kondisi ini dinamakan seimbang (draw).
KONSEP AI (ARTIFICIAL
INTELLIGENCE)
AI (Arttificial Intelligence) yang terdapat dalam game
ini adalah terdapatnya dealer (computer) yang bertindak sebagai lawan kita
dalam memainkan permainan ini. Computer juga dapat mengambil keputusan seperti
halnya kita yang sedang memainkan game ini. Disinilah kecerdasan buatan yang
saya buat dalam game ini yang berfungsi dan bertujuan untuk mengalahkan user
dalam game “Black Jack” ini. Kartu yang keluar pun secara random sehingga tidak
dapat diprediksi oleh user ketika dalam pengambilan keputusan.
Cara Bermain
Konsep permainan yang
diterapkan dalam permainan ini adalah pemain (baik
itu user ataupun computer) harus mendapatkan hasil
kartu sesuai target yaitu maksimal 21 point dengan syarat pemain berhak menambahkan kartu sebanyak 5 kali.
Aturan permainannya sangat sederhana, yaitu pada saat permainan di mulai
(press Play) masing-masing pemain mendapatkan dua buah kartu, lalu pemain
boleh memilih untuk mengambil kartu (press Hit Me) dengan ketentuan mengambil
kartu sebanyak lima buah kartu. Jika dari pemain sudah merasakan point kartu
tersebut mencapai 21 maka pemain dapat memilih untuk mengakhiri permainan
(press Stand). Pemenangnya adalah pemain yang mendapatkan skor maksimal 21
point atau skor yang mendekati nilai 21 point. Bila lebih dari 21 point akan
dinyatakan burst. Jika masing-masing pemain mendapatkan skor yang sama maka
dinyatakan draw atau seimbang.
Kartu
yang memiliki nilai kartu yang sama dengan angkanya yaitu King, Queen, Jack,
memiliki nilai kartu 10 sedangkan As memiliki nilai kartu 11.
Interface Game
Gambar 1. Tampilan awal saat game baru dimulai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar